News

FISIP, Fakultas Dengan Tingkat Drop Out Mahasiswa Paling Rendah

FISIP, Fakultas Dengan Tingkat Drop Out Mahasiswa Paling Rendah

Salah satu capaian kinerja pada kegiatan di Greensa, bahwa FiSIP, Fakultas dengan tingkat DO paling rendah.Capaian itu disampaikan Bu Lilik Huriyah, Kepala Pusat Mutu Mahasiswa LPM UIN Sunan Ampel dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) di Hotel Greensa Inn, Sidoarjo Jawa timur, Minggu, 17 April 2022.

Rendahnya tingkat DO mahasiswa FISIP karena, faktor pendampingan tim manajemen FISIP mulai dekan hingga level prodi. Pendampingan dimaksud dilakukan dengan tiga level mulai Deteksi, Seleksi, Motivasi dan Silaturahmi. Pada fase  Deteksi, mahasiswa berstatus "rawan", yakni,  mahasiswa yang telah melewati batas semester akhir atau semester 8 keatas dikumpulkan dan diberi perhatian khusus. Kemudian pada tahap seleksi, yakni mahasiswa yang terjaring akan dibuatkan grup dan secara intens didampingi oleh prodi.

Menurut penjelasan wadek 2, pendampingan tidak hanya bagi mahasiswa, namun juga wali mahasiswa turut terlibat dalam proses motivasi tersebut.

Pada aspek  silaturahmi strategi yang dilakukan,  tim manajemen yang diberi tugas khusus oleh Dekan untuk melakukan kunjungan ke rumah mahasiswa. Tim terdiri dari unsur dekanat, jurusan dan prodi untuk membangun suasana kebersamaan sekaligus memberi motivasi penyelesaian studi. (Ilyas)