News

Pelaksanaan Kuliah Umum dalam rangka PPTM 2023 di UIN Sunan Ampel Surabaya

Pelaksanaan Kuliah Umum dalam rangka PPTM 2023 di UIN Sunan Ampel Surabaya

Surabaya, 11 Januari 2023, UIN Sunan Ampel Surabaya bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri, telah melaksanakan Kuliah Umum dalam rangka Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2023 secara live.

PPTM merupakan program tahunan Menteri Luar Negeri untuk  menyampaikan berbagai capaian diplomasi Indonesia tahun sebelumnya dan prioritas Politik Luar Negeri Indonesia di tahun berjalan.

Kuliah umum PPTM 2023 dipimpin oleh Rizki Rahmadini Nurika, M.A. selaku Pembahas, dan dihadiri oleh 45 civitas academika dan mahasiswa.

Tema PPTM 2023, Leadership ini a Challenging world, sangat relevan dengan pelaksanaan Diplomasi Indonesia. Sebagai Presidensi G20 tahun 2022, Indonesia berhasil membangkitkan kembali semangat kerja sama dan kolaborasi global. KTT G20 di Bali menghasilkan Leaders’ Declaration yang merefleksikan komitmen bersama G20 untuk berkolaborasi mengatasi tantangan global. 

Sementara di tahun 2023, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN. Indonesia ingin memastikan kesatuan dan sentralitas ASEAN agar dapat terus berperan sebagai jangkar perdamaian dan kemakmuran kawasan. Indonesia ingin mewujudkan ASEAN yang tangguh menghadapi berbagai tantangan global, serta menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Adapun tema ASEAN Indonesia 2023 adalah: "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth"

Tidak hanya di G20 dan ASEAN, Indonesia juga memainkan peran pentingnya di berbagai forum internasional untuk menjadi solusi dan bridge builder dalam menghadapi berbagai tantangan global (Cherly NP, Staf Kemlu).