News

Pendampingan Penyusunan Skripsi Mahasiswa: Bukti Percepatan Inovasi Fakultas Psikologi dan Kesehatan

Pendampingan Penyusunan Skripsi Mahasiswa: Bukti Percepatan Inovasi Fakultas Psikologi dan Kesehatan

Surabaya – Fakultas Psikologi dan Kesehatan menyelenggarakan kegiatan pendampingan mahasiswa dalam menyusun tugas akhir atau skripsi. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dimulai pada hari Selasa, 19 Juli 2022 sampai dengan hari Rabu, 20 Juli 2022. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 200 orang mahasiswa semester 8 sampai dengan 14 yang saat ini sedang menjalani proses penulisan skripsi atau tugas akhir.

Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 yang dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama untuk mahasiswa semester 8 dilaksanakan di hari pertama pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB, sedangkan sesi kedua untuk mahasiswa semester 14 dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB – 15 WIB. Untuk sesi ketiga dengan peserta mahasiswa semester 10 dan 12 dilaksanakan pada hari kedua pukul 13.00 WIB – 15.00 WIB.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh jajaran dekanat Fakultas ini dimulai langsung dengan pembuka oleh Wakil Dekan I Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Ibu. Dr. Suryani, M.Si. dan langsung dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwasnya Fakultas dan Universitas ingin melakukan percepatan-percepatan di berbagi hal. “Kita akan tancap gas, Fakultas Psikologi dan Kesehatan dan Universitas akan melaksanakan percepatan-percepatan dengan memangkas beberapa hal dan persayaratan yang kurang penting namun tanpa menyalahi aturan-aturan dalam pedoman akademik, karena pimpinan Fakultas telah diamanahi oleh Negara dan orang tua mahasiswa untuk mewujudkan agar mahasiswa dapat lulus lebih cepat” ujar beliau. Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan juga menyampaikan akan ada beberapa pihak yang dirugikan apabila mahasiswa terlambat dalam kelulusan kuliahnya. “Kalau kalian tidak segera lulus akan ada tiga kelompok yang menangis, kelompok pertama adalah orang tua kalian, Fakultas karena tentunya akan mempengaruhi program studi dan yang terkahir adalah masyarakat sekaligus pengguna lulusan” kata beliau.

Setelah sambutan dari Dekan, acara dilanjutkan dengan pemaparan data yang disampaikan oleh Ibu Dr. Suryani., M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan. Beliau mengatakan “fenomena banyaknya mahasiswa yang belum lulus tepat waktu dapat mempengaruhi akreditasi program studi sekaligus merugikan mahasiswa itu sendiri terutama dalam hal pembiayaan atau finansial”. Kemudian agenda dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber-narasumber yang telah disiapkan, diantaranya adalah Ibu Rizma Fithri, S.Psi., M.Si yang membahas cara memformulasi judul riset dan proposal, Ibu Dr. Lufiana Harnany Utami, S.Pd., M.Si dan Bapak Syifaul Muntafi, M.Sc yang membahas terkait dengan penulisan proposal penelitian, Bapak H.M. Fahmi Aufar Asyraf, B.Ed., M.A. yang membahas analisis data dalam penelitian serta Bapak Syafruddin Faisal Thohar yang membahas layanan mandiri cek turnitin.

Diharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa lebih termotivasi untuk dapat segera menyelesaikan penulisan skripsinya serta dapat lulus tepat waktu. Tentunya Fakultas Psikologi dan Kesehatan memberikan fasilitas dan kemudahan secara optimal demi terwujudnya hal tersebut. Dengan kegiatan ini juga diharapkan mahasiswa dapat merasakan kehadiran Fakultas dalam membantu proses penyusunan tugas akhir atau skripsi yang sedang mereka kerjakan.