News

SAMBUT MAHASISWA PPG DALJAB MADRASAH BATCH 2, PRODI PPG LPTK UIN SUNAN AMPEL SURABAYA GELAR KEGIATAN ORIENTASI MAHASISWA

SAMBUT MAHASISWA PPG DALJAB MADRASAH BATCH 2, PRODI PPG LPTK UIN SUNAN AMPEL SURABAYA GELAR KEGIATAN ORIENTASI MAHASISWA

Dalam rangka mempersiapkan perkuliahan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) yang  akan dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2022, Program Studi Pendidikan Profesi Guru LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar Orientasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) Madrasah Batch 2. Sejumlah 210 mahasiswa Madrasah hadir dalam kegiatan orientasi yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting pada hari Jum’at, 08 Juli 2022.

Peserta kegiatan orientasi yang berprofesi sebagai guru tersebut, mulai memasuki ruang zoom untuk proses registrasi pada pukul 13.00. Di sela proses registrasi, tim panitia dan pengelola PPG menayangkan profil Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Acara dibuka pada pukul 13.30 WIB oleh Master of Ceremony (MC) Ibu Desy Indarwati, S.Pd.  Turut hadir Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sekaligus Ketua LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya, Bapak Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan orientasi. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa PPG Madrasah karena telah berhasil lulus menjadi mahasiswa PPG. Beliau kemudian bertanya kepada seluruh peserta orientasi, “Apakah selama ini Bapak dan Ibu guru selama ini melakukan sebuah pekerjaan atau profesi?” Beliau berharap ke-200 lebih mahasiswa PPG Daljab Madrasah menjadikan ‘guru’ sebagai sebuah profesi bukan sekedar pekerjan. Hal ini dikarenakan semua orang bisa melakukan pekerjaan, namun profesi merujuk pada dibutuhkannya keahlian dan keterampilan tersendiri, yang dalam serangkaian PPG ini para mahasiswa akan dikembangkan dan dilatih keahlian dan kemampuannya.  

Lebih lanjut, beliau memaparkan bahwa dalam menghadapi setiap tantangan dan dalam rangka mengembangkan diri, maka harus berpedoman pada 5M, yakni: 1) Man, mahasiswa PPG harus memiliki mental yang kuat, siap secara lahir dan bathin dalam menjalankan serangkaian kegiatan PPG; 2) Material, mahasiswa PPG harus memiliki keilmuan yang menjadi pendukung untuk mengajar, dan di PPG ini para  mahasiswa akan diasah kemampuan dan keterampilannya dalam kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian; 3) Methode, mahasiswa PPG harus betul-betul mencermati tahap demi tahap kegiatan PPG yang akhirnya akan menuju pada titel guru profesional; 4) Machine, mahasiswa PPG harus sudah siap dan mampu menggunakan alat/piranti teknologi terkini dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan; 5) Money. Di akhir sambutannya beliau berpesan agar para mahasiswa tetap bahagia dan menjaga kesehatan agar seluruh proses dapat dilalui dengan baik.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bapak Dr. H. Muh. Khoirul Rifa’i, M.Pd.I yang menjelaskan mekanisme pelaksanaan PPG Daljab 2022 dan Bapak Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd yang merupakan ketua tim IT LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya yang menjelaskan pengenalan dan simulasi Learning Management System yang akan digunakan pada kegiatan pembelajaran PPG.

Dalam pemaparan materi terkait dengan mekanisme pelaksanaan PPG Daljab Batch 2 Tahun 2022, Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya mengungkapkan bahwa ada beberapa tahapan kegiatan yang harus dijalani oleh mahasiswa PPG Daljab Batch 2 Tahun 2022. Diawali dengan Pendalaman Materi, Lokakarya Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Review Perangkat pembelajaran, Uji Komprehensif, PLP, Uji Kinerja, sampai dengan Uji Pengetahuan. Pada kuliah perdana di tanggal 11 Juli 2022, beliau menjelaskan bahwa pada kegiatan pendalaman materi, setiap modul harus dituntaskan oleh mahasiswa dalam waktu 3 hari, dimana dalam 1 modul ada beberapa tugas yang harus dituntaskan oleh mahasiswa dimulai dengan meresume materi setiap KB, Tugas Analisa bahan ajar, Tugas analisa materi dalam bentuk Problem Based Learning atau Project Based Learning, ter formatif, dan tes akhir modul. Selain itu, beliau juga menegaskan pada saat kegiatan diskusi materi dengan para dosen pengajar PPG yang difasilitasi dengan video conference, diharapkan mahasiswa hadir tepat waktu sesuai dengan yang dijadwalkan oleh dosen di LMS. Diakhir penjelasan materi, Bapak Dr. H. Muh. Khoirul Rifa’i selaku ketua program studi PPG meminta kepada semua mahasiswa untuk mempersiapkan perangkat dan pendukung dalam proses perkuliahan PPG. Dari mulai perangkat laptop, jaringan internet, hingga menyiapkan kuota internet perlu dipersiapkan mulai dari sekarang, hal ini dikarenakan proses pelaksanaan PPG yang sepenuhnya dilakukan secara virtual.

Bagian akhir dari kegiatan ini adalah pengenalan dan simulasi pengoperasian Learning Management System (LMS) yang dipandu oleh Ketua Tim IT LPK UIN Sunan Ampel Surabaya, Bapak Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd. LMS yang digunakan adalah LMS SPACE dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Narasumber membimbing mahasiswa dari proses login, proses download kontrak kuliah/belajar, proses unggah tugas, memeriksa tugas dan penilaian dosen, hingga tes formatif, video conference dan proses remedial sembari menjelaskan fitur-fitur yang ada di LMS. Mahasiswa dapat mengakses LMS SPACE di alamat https://ppgmadrasah.siagapendis.com. Beliau juga menginformasikan bahwa apabila nilai dalam setiap tugas kurang dari 70, maka mahasiswa harus melakukan tugas remedial yang diunggah dosen di LMS.