News

UINSA SALURKAN 800 PAKET ZAKAT PEGAWAI

UINSA SALURKAN 800 PAKET ZAKAT PEGAWAI

UINSA Newsroom, Selasa (26/04/2022); Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya membagikan Zakat Fitrah Ramadhan 1443 H, pada Selasa, 26 April 2022. Zakat fitrah ini berasal dari Tenaga Pendidik dan Kependidikan dengan skema potongan gaji senilai Rp. 35.000,- (tiga puluh lima ribu rupiah) yang disetarakan dengan 3 kg beras.

Muhlisin, S.Ag., Sub Koord. Tata Usaha pada LP2M UINSA Surabaya menjelaskan, bahwa zakat dari pegawai tersebut akan disalurkan kepada fakir miskin sekitar kampus, petugas kebersihan, serta desa binaan. Adapun teknis pengumpulan zakat fitrah tersebut dengan dipotongkan uang makan Bulan Maret yang dibayar Bulan April 2022 melalui bendahara gaji masing-masing fakultas dan kantor pusat. “Total dana yang terkumpul adalah 26.565.000 yang kemudian kita belikan beras total 2,4 ton. Per pack 3 kg, total ada 800 paket beras,” ujar Muhlisin, S.Ag., menjelaskan.

Dr. phil. Khoirun Niam, Ketua LP2M UINSA Surabaya menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan manivestasi dari kewajiban muslim untuk mengeluarkan zakat fitrah. Dijelaskan Dr. phil. Khoirun Niam, bahwa dari 800 paket yang disiapkan 340 paket akan didistribusikan untuk masyarakat di sekitar kampus 1. Kemudian 200 paket untuk warga Kampus 2 Gununganyar. Selebihnya akan dibagikan untuk civitas akademika, karyawan, pegawai outsourching di UINSA Surabaya, serta desa binaan. “Semoga ini merupakan suatu tali silaturahim kita antara UIN Sunan Ampel dengan masyarakat,” ujar Dr. phil. Khoirun Niam.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dra. Wahidah Zein Br Siregar, M.A., Ph.D., yang hadir dalam kesempatan pembagian zakat ini menyapa secara langsung masyarakat dan memohon doa untuk UINSA Surabaya agar senantiasa bisa menjalankan amanah kepada para mahasiswa. Sebagai tetangga terdekat, Warek AK juga berharap, hubungan UINSA dan masyarakat sekitar kampus senantiasa erat dan berlangsung baik.

“Mohon dengan senang dan bahagia bapak/ibu menerima apa yang bisa kami berikan saat ini. Mohon maaf jika jumlahnya tidaklah banyak. Tapi mohonlah itu dilihat sebagai bentuk kasih sayang kami di UIN Sunan Ampel Surabaya kepada bapak/ibu semua,” ujar Wahidah Zein Br Siregar, Dra., M.A., Ph.D.

Rektor UINSA Surabaya, Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., M.A., Ph.D., beserta jajaran pimpinan kantor pusat yang menyaksikan langsung pembagian zakat mengaku bahagia dapat berbagi dengan masyarakat sekitar kampus. Kendati jumlah yang diberikan tidaklah banyak, namun Rektor berharap hal itu dapat sedikit meringankan beban masyarakat. “Kami berharap ini bisa terus dilestarikan. Satu itu, menjadi agenda rutin. Kedua, tentunya peningkatan kapasitas pemberiannya. Kedepannya jumlah yang kita berikan lebih banyak,” jelas Prof. Masdar. (Nur/Humas)