Profil Lulusan dan Deskripsi Profil Lulusan

Profil utama lulusan program studi ilmu falak adalah praktisi Ilmu Falak, praktisi Hukum Islam, dan asisten peneliti yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, serta mampu melaksanakan tugas sesuai dengan etika Islam, keilmuan dan keahlian. Berikut ini deskripsi profil lulusan program studi ilmu falak:

Profil Lulusan

Deskripsi Profil Lulusan

Praktisi Hukum Islam

Menjadi pemutus perkara di Pengadilan, pemberi bantuan dan jasa hukum, penengah dalam penyelesaian sengketa, perancang peraturan perundang-perundangan, dan administratur Peradilan Agama yang menguasai hukum formil maupun materiil yang berkepribadian baik, serta bertanggung jawab terhadap profesinya.

Praktisi Ilmu Falak

Menjadi tim hisab rukyat, tim pengukur arah kiblat, tim rukyatul hilal yang menguasai teori-teori falak dan mempraktikkan teori-teori tersebut sebagai bagian dari Kementerian Agama dalam membantu memenuhi kebutuhan masyarakat terkait ibadah yang berakhlak mulia, berintegritas, profesional, dan berdasarkan pancasila.

Asisten Peneliti

Menjadi asisten peneliti bidang ilmu falak dan hukum Islam yang berkepribadian baik, bertanggung jawab, dan profesional.