Diskusi Kelompok (Small Group Discussion)

Kegiatan diskusi kelompok merupakan kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan lebih dari satu individu. Kegiatan diskusi kelompok ini dapat menjadi alternatif dalam membantu memecahkan permasalahan seorang individu. Mahasiswa akan mendapatkan suatu kesempatan untuk menyumbangkan pikiran masing-masing dalam memecahkan masalah bersama. Dalam diskusi ini tetanam pula tanggung jawab dan harga diri.

Simulasi (Role-Play & Simulation)

Metode simulasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang memberikan penyajian berupa pelajaran dengan menggunakan situasi maupun suatu proses yang nyata. Dalam metode jenis ini, mahasiswa diminta untuk terlibat secara aktif dalam melakukan interaksi dengan situasi yang ada disekitar lingkungannya. Mahasiswa diminta untuk menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh atau yang telah dipelajari sebelumnya.

Studi Kasus (Case Study)

Studi kasus adalah Metode pembelajaran yang menggunakan satu realitas tertentu sebagai bahan untuk peningkatan pengetahuan, kemampuan dan sikap peserta didik. Bentuk pembelajaran yang berbasis pada masalah (a form of problem-based learning), dimana situasi dikemukakan untuk mendapatkan penyelesaiannya

Kolaboratif (Collaborative Learning)

Model pembelajaran kolaboratif menumbuhkan para siswa untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil untuk mencapai tujuan yang sama. Pendekatan kolaborasi bertujuan agar mahasiswa dapat membangun pengetahuannya melalui dialog, saling membagi informasi sesama mahasiswa dan dosen sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan mental pada tingkat tinggi. Model ini digunakan pada setiap mata pelajaran terutama yang mungkin berkembang sharing of information di antara mahasiswa.

Kooperatif (Cooperative Learning)

Pembelajaran kooperatif adalah cara belajar dalam bentuk kelompok-kelompok kecil yang saling bekerjasama dan diarahkan oleh dosen untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan”. Belajar kooperatif adalah pemanfaatan kelompok kecil (2-5 orang) dalam pembelajaran yang memungkinkan siswa bekerja bersama untuk memaksimalkan belajar mereka dan belajar anggota lainnya dalam kelompok

Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)

Project based learning adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan pemecahan masalah dan memberi peluang siswa bekerja secara otonom mengkonstruksi belajar mereka sendiri dan puncaknya menghasilkan produk karya siswa bernilai realistik.

Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL)

Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang diawali dengan penyajian masalah yang dirancang dalam konteks yang relevan dengan materi yang dipelajari. Pembelajaran berbasis masalah menggunakan berbagi macam kecerdasan yang diperlukan untuk melakukan konfrontasi terhadap tantangan dunia nyata, kemampuan untuk menghadapi segala sesuatu yang baru dan kompleksitas yang ada

 

Catatan: Selain metode-metode di atas, masih banyak metode lain yang dapat dipilih dosen jika memang dinilai efektif dalam mencapai CPL, misalnya metode ceramah, small group discussion, Debat, Mind Mapping, metode bermain, Demonstrasi, laboratorium, Information Search, case study, Cooperative Script, Karya wisata, Resitasi-tanya jawab, Index card match, Two stay two stray, dll. Setiap mata kuliah dapat menggabungkan beberapa metode pembelajaran.