BUDAYA KAMPUS

Untuk mengakomodasi kebutuhan mahasiswa dalam bersosialisasi dan menyalurkan hobi dan bakatnya, Prodi mendorong mahasiswanya untuk terjun dan mengikuti berbagai kegiatan ekstra kurikuler yang diadakan baik oleh Fakultas maupun lingkup Universitas. Beberapa kegiatan ekstra yang dapat diikuti mahasiswa di antara lain:

a) Mahasiswa UPPS mengikuti kegiatan di unit-unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas, seperti:

  1. Pusat Pengembangan Bahasa (P2B): Kegiatan ini mewadahi mahasiswa untuk  terampil berbahasa Arab dan Inggris. Pengembangan bahasa ini diselenggarakan untuk mahasiswa baru di semester ganjil dan semester genap;
  2. UKM Penalaran dan Keilmuan:meliputi: Unit Pengembangan Tahfidz Qur’an (UPTQ), Resimen Mahasiswa (MENWA), Mahasiswa Pecinta Alam Sunan Ampel (MAPALSA), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Solidaritas, Ikatan Pelajaran Anti Narkoba (IKPAN), Pramuka; 
  3. UKM Olahraga:Mayoritas mahasiswa prodi hukum mengikuti UKM ini dengan dasar bahwa UKM ini memfasilitasi kebutuhan mereka untuk beroralahraga dan menyalurkan bakat serta minat mereka dalam bidang keolahragaan. UKM ini mencakup beberapa macam olahraga, di antaranya, badmintan, bola voli, catur, basket, futsal, Pencak Silat dan lain sebagainya. 
  4. UKM Kesenian:Dengan seleksi yang sangat ketat untuk menjadi anggota tim paduan suara UIN, kegiatan ini telah mampu membina angotanya dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kampus serta ekstra kampus, meliputi Paduan Suara dan Unit Kegiatan Seni Budaya. 
  5. UKM Kerohanian:Meliputi Ikatan Qari’ dan Qari’ah mahasiswa (IQMA) dan Unit Kegiatan Pengembangan Intelektual.

b) Organisasi Kemahasiswaan di Lingkungan UPPS, seperti:

  1. Senat Mahasiswa (SEMA),
  2. Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), dan
  3. Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRODI).

c) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM),seperti:

  1. UKM teater Q,
  2. UKM Musik Concrete 34 dan
  3. UKM Kependudukan. 

d) Bimbingan Karier dan Kewirausahaan

d) Bimbingan dan Konseling

e) Layanan Beasiswa

f) Layanan Kesehatan